RANCANG BANGUN APLIKASI SURVEI KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN: STUDI KASUS DI PT XYZ
DOI:
https://doi.org/10.52453/t.v15i2.440Keywords:
Pelanggan, Survei, Umpan Balik, Respon Pelanggan, Customer, Survey, Feedback, Customer ResponseAbstract
PT XYZ adalah perusahaan real estate yang berfokus pada pengembangan properti perumahan, komersial, dan industri di Indonesia. Kepuasan pelanggan merupakan faktor kunci dalam menjaga loyalitas dan meningkatkan reputasi perusahaan di industri ini. Sebelum adanya aplikasi survei kepuasan pelanggan, perusahaan mengandalkan vendor eksternal untuk mengelola survei, yang membatasi fleksibilitas dalam penyesuaian pertanyaan, cakupan survei, dan kecepatan analisis data.Untuk mengatasi tantangan ini, PT XYZ mengembangkan aplikasi survei kepuasan pelanggan in-house. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan fleksibilitas dalam menyusun dan menyesuaikan pertanyaan survei, memperluas cakupan survei ke semua unit yang dihuni atau disewakan, serta menyediakan fitur analisis data umpan balik yang efisien. Hasil dari pengembangan aplikasi ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam proses survei. Aplikasi memungkinkan penyesuaian pertanyaan survei secara real-time, memperluas cakupan survei untuk mencakup seluruh unit properti, dan mengurangi waktu proses pembuatan survei dari 1.440 menit menjadi 60 menit. Dengan aplikasi ini, PT XYZ dapat memperoleh data yang lebih representatif tentang kepuasan pelanggan, mempercepat analisis hasil, dan meningkatkan respons terhadap umpan balik pelanggan, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.
References
H. Aditia, R. A. P. M., and Saprudin., “RANCANG BANGUN APLIKASI SURVEY KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS WEB PADA PT. UWAIS GROUP BERKARYA MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING,” JRIIN :Jurnal Riset Informatika Dan Inovasi, vol. 1, no. 1, pp. 236–241, Jan. 2023.
Hernawati and A. Yani, “Sistem Informasi Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web Pada PT. Usaha Saudara Mandiri Tanggerang,” Jurnal Inovasi dan Sains Teknik Elektro, vol. 1, no. 2, pp. 108–115, 2020.
I. Bagus Gede Sarasvananda, C. Anwar, and D. Pasha, “ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT MENGGUNKAN PENDEKATAN E-CRM (Studi Kasus : BP3TKI Lampung),” Z.A Pagar Alam, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021.
A. Dennis, B. H. Wixom, and R. M. Roth, System Analysis and Design. 2022.
“What is Use Case Diagram ?” Accessed: Apr. 23, 2023. [Online]. Available:https://www.visual- paradigm.com/guide/umlunified-modeling- language/what-is-use-casediagram/
J. Jasri, “Arsitektur Three Tier (Client Server Programing) Pada Aplikasi Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu,” 2018. [Online]. Available:http://www.jurnal.umb.ac.id/index.php/JTIS
Y. Mad Cani and A. Ali Ridha, “Pengujian Black Box Testing Pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa di SMK Tarbiyatul Ulum Karawang,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 9, no. 9, pp. 754–760, 2023, doi:
5281/zenodo.8084698.
A. Burhanuddin, “ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI PERWALIAN MAHASISWA BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS TEKNIK INFORMATIKA UM MAGELANG Fahrudin mukti Wibowo.”[Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/312601617
A. Prasetyo, A. Putra, T. Setyowati, and W. M.Tyas, “PENGARUH TANGIBLE ASSET, INTANGIBLE ASSET, DAN KAPABILITAS ORGANISASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DIRA CAFE AND POOL.”