ANALISIS FAKTOR KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA PADA AKSES JALAN PERKEBUNAN SAWIT

Authors

  • Kartika Setiawati Politeknik Astra
  • M. D. Ayandi

DOI:

https://doi.org/10.52453/t.v15i2.433

Keywords:

Kata Kunci : Kerusakan Jalan, Jalan Utama, Regresi Linier Berganda, Probase

Abstract

Kerusakan jalan utama di PT. Sawit Jaya Abadi 2, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, sering terjadi dan dipengaruhi oleh tiga variabel utama: jumlah kendaraan yang melintas, curah hujan, dan dimensi parit blok. Berdasarkan faktor-faktor ini, diperlukan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui variabel-variabel mana yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kerusakan jalan, serta untuk mengidentifikasi langkah-langkah pemeliharaan jalan prediktif yang dapat diterapkan. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kerusakan jalan utama dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Dengan demikian, dapat dilakukan tindakan preventif untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada jalan utama. Metode Penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data
primer yang meliputi: Pengamatan langsung terhadap kondisi jalan. Wawancara mengenai data dimensi parit blok. Selain itu, data sekunder yang digunakan mencakup pedoman kerja dan studi pustaka terkait. Hasil Penelitian: Berdasarkan analisis, pengaruh jumlah kendaraan yang melintas dan curah hujan terhadap kerusakan jalan utama di Afdelling Alpha PT. Sawit Jaya Abadi 2 diketahui sebesar 34,7%, sementara 65,3% disebabkan oleh faktor lain. Para peneliti berasumsi bahwa buruknya kualitas material perkerasan jalan adalah faktor lain yang menyebabkan kerusakan jalan utama. Oleh karena itu, untuk mencegah kerusakan jalan yang lebih parah, terutama saat musim hujan, diperlukan pemeliharaan yang lebih baik. Salah satu solusi yang diajukan adalah penggunaan perkerasan jalan laterit + probase, yang memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan dengan perkerasan jalan laterit biasa. Perkerasan laterit + probase juga terbukti dapat menghemat biaya perbaikan. Dalam satu tahun, biaya perbaikan perkerasan jalan laterit biasa mencapai Rp. 34.248.553, sedangkan perkerasan jalan laterit + probase hanya menghabiskan Rp. 20.245.683, sehingga selisih biaya perbaikan dalam satu tahun adalah Rp. 14.002.870.

References

Ghozali, I. Aplikasi_Analisis_Mult . Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Edisi 5, 2011. [2] Keartland, S., & Van Zyl, T. L. Automating predictive maintenance using oil analysis and machine learning. 2020 International SAUPEC/RobMech/PRASA Conference, SAUPEC/RobMech/PRASA, 2020.

Kuvaini, A. Analisis Perbandingan Teknik Pengerasan Jalan Menggunakan Laterit Dan

Laterit Ditambah Probase Di Perkebunan Kelapa Sawit. 40–49, 2011

Khan, A. and Mrawira, D., 2010. “Investigation the Use of Lightweight Aggregate Hot-Mixed Asphalt in Flexible Pavements in Frost Susceptible Areas”. of Journal materials in Civil Engineering, Vol. 22, No. 2, ASCE, pp 171-178.

PP No.34 Tahun 2006 pasal 84 ayat 3. . Peraturan Pemerintah Republik Indonesia - Jalan, 2006

Suyono. Analisis Regresi untuk Penelitian. Deepublish, 2015

D. A. Emarah and S. A. Seleem, “Swelling soils treatment using lime and sea water for roads construction,”Alexandria Eng. J., vol. 57, no. 4, pp. 2357–2365, 2018

Wahyu a, Sutriaso L. 2016, “Pengaruh Tingkat Kerusakan Jalan Perkebunan Dan Posisi Tandan Buah Segar Di Bak Truk Terhadap Kinerja Angkutan Kelapa Sawit”. Agritech, Vol. 36, No. 2, Mei 2016

Anonim, 2009. Undang-Undang No.22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesi

PT Sawit Jaya Abadi Tbk. (2023). Laporan CTO tahunan 2023. Sulawesi

PT Sawit Jaya Abadi Tbk. (2023). Laporan Panen Sawit tahun 2023. Sulawesi

BMKG. 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Published

2024-12-23

How to Cite

Setiawati, K. ., & Ayandi, M. D. (2024). ANALISIS FAKTOR KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA PADA AKSES JALAN PERKEBUNAN SAWIT. Technologic, 15(2). https://doi.org/10.52453/t.v15i2.433

Issue

Section

Table of Contents