IMPLEMENTASI METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PROSES PEMASANGAN SISTEM PENYANGGA UNIT MOTOR MATIC DI POLITEKNIK ASTRA
DOI:
https://doi.org/10.52453/t.v13i2.403Keywords:
Waktu Proses, Quality Control Circle, Jack StandAbstract
Politeknik Astra adalah institusi pendidikan tinggi vokasi yang rutin mengadakan kegiatan Quality Control Circle (QCC) untuk meningkatkan kinerja karyawan di bidang perbaikan berkelanjutan di lingkup Politeknik Astra. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki waktu proses di UPT Manufaktur dalam proses pemasangan sistem penyangga unit motor matic menggunakan metode QCC. Melalui metode QCC ditemukan beberapa akar masalah diantaranya yaitu operator kurang latihan/pengalaman, tinggi jack stand lebih tinggi dari ground clearance, bidang area tumpu jack stand kecil, proses pemasangan penyangga membutuhkan 3 orang, frame motor bagian bawah ada 2 sisi, penempatan tidak sesuai di titik berat motor, dan groove jack stand lebih kecil dari frame. Berdasarkan akar masalah yang ada, ditentukan rencana penanggulangannya yaitu dibuatkan jack (penyangga) dengan spesifikasi : mudah diatur, memiliki area tumpu dudukan lebar, menjamin keamanan untuk operator, dapat menyesuaikan posisi frame dan dapat ditempatkan di titik berat motor sehingga dapat meningkatkan mutu dalam proses pemasangan sistem penyangga. Penelitian ini berhasil mempercepat waktu proses pemasangan penyangga dari waktu sebelum perbaikan selama 40 detik turun menjadi 16 detik
References
Y. Lastiawan and R. Aprilyanti, “Analisis Penerapan Total Quality Management ( TQM ), Efisiensi Biaya di Bagian Produksi Melamin Pada PT .,” vol. 3, no. 3, 2021, doi: 10.32877/ef.v3i3.415.
M. F. Baisalim and D. Soediantono, “Literature Review of Quality Control Circle ( QCC ) and Implementation Recommendation to the Defense Industries Literature Review Quality Control Circle ( QCC ) dan Usulan Penerapannya Pada Industri Pertahanan,” vol. 3, no. 2, pp. 61–72, 2022.
A. P. Respati, “Jurnal Optimasi Sistem Industri Implementasi Metode QCC untuk Menurunkan Jumlah Sisa Sampel Pengujian Compound,” vol. 2, pp. 176–185, 2019, doi: 10.25077/josi.v18.n2.p176-185.2019.
S. Riadi, “Pengendalian Jumlah Cacat Produk Pada Proses Cutting Dengan Metode Quality Control Circle ( QCC ) Pada PT . Toyota Boshoku Indonesia ( Tbina ),” vol. 5, no. 1, pp. 57–70, 2020.
D. S. Attaqwa, Yusita Pradesi, Jihan, “Analisis Pengendalian Kualitas Dari Proses Perakitan Hospital Bed Dengan Metode Qualitycontrol Circle (Qcc) Pada Pt.D&V Medika,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 8, no. 1, pp. 161–167, 2021.
Y. Syahrullah and M. R. Izza, “Integrasi Fmea Dalam Penerapan Quality Control Circle ( Qcc ) Untuk Perbaikan Kualitas Proses Produksi,” vol. 6, no. 2, pp. 78–85, 2021.
T. G. Saldy, J. T. Pertambangan, U. N. Padang, and S. Tungkal, “Peningkatan Produktivitas Alat Muat ( Ex-1770 ) Untuk Percepatan Pengalihan Sungai Tungkal Pt Xyz Site Aaa Dengan Pendekatan Quality Control,” J. Sains dan Teknol., vol. 20, no. 1, 2020.
I. W. Rusdiana and D. Soediantono, “Kaizen and Implementation Suggestion in the Defense Industry : A Literature Review Implementasi Kaizen dan Usulan Penerapannya Pada Industri Pertahanan : A Literature Review,” vol. 3, no. 3, pp. 35–52, 2022.
J. Antony, O. Mcdermott, and M. Sony, “Revisiting Ishikawa ’ s Original Seven Basic Tools of Quality Control : A Global Study and Some New Insights,” pp. 1–16, 2021.
D. Agustine, I. Harsadi, S. Juhara, M. Rahayu, and A. Noviyanti, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Karyawan dalam Melakukan Continuous Improvement dengan Pelatihan Quality Control Circle ( QCC ) di Industri Manufaktur - Kawasan Industri Gajah,” J. Community Serv. Engagem., vol. 2, no. 1, pp. 5–11, 2022.
Y. P. N. Muhammad Zahidil Mukhtar, Moh. Jufriyanto, “Penerapan Metode FMEA ( Failure Mode and Effect Analysis ),” J. Apl. Tek. dan Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 51–58, 2022.