PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA MAHASISWA DALAM MEMBUAT PRODUK DI PRODI TEKNIK PRODUKSI DAN PROSES MANUFAKTUR - POLITEKNIK ASTRA

Indonesia

Authors

  • Rohmat Setiawan
  • Heri Sudarmaji
  • Danny Wicaksono
  • Nicholas Ego Guarsa
  • Muhamad Nur Andi W
  • Faratiti Dewi Audensi

DOI:

https://doi.org/10.52453/t.v13i1.392

Keywords:

KKNI, Project Based Learning, Kotak Perkakas Bertingkat

Abstract

Salah satu keterampilan khusus dari capaian pembelajaran lulusan yang dimiliki oleh program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur sesuai KKNI level 5 diantaranya mampu merancang dan memproduksi komponen, alat bantu produksi (jig and fixture), dan peralatan mekanik sederhana, yang sudah terdefinisi dengan jelas, yang memenuhi kebutuhan spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah keamanan, kesehatan kerja, dan lingkungan. Makalah ini bertujuan untuk memperkenalkan metode project based learning (PBL) yang diterapkan di program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur melalui uji coba pembelajaran berbasis proyek secara integrasi antara beberapa mata kuliah untuk membuat produk yang dapat dikomersialkan. Salah satu produk yang sedang dikembangkan adalah kotak perkakas bertingkat, dimana proses pembuatannya melibatkan beberapa praktikum, antara lain: gambar teknik, CAD, proses fabrikasi pelat logam, pengelasan, pengecatan, perakitan mekanik, dan kewirausahaan. Tujuan dari proses pembelajaran ini adalah agar setiap mahasiswa dapat membuat produk secara terintegrasi dengan waktu yang ditentukan dan produk yang memenuhi kualitas dapat dikomersialkan, sehingga unjuk kerja dan kesadaran kualitas setiap mahasiswa dalam membuat produk dapat meningkat. Hal ini terlihat pada evaluasi penilaian kompetensi mahasiswa/i dari mata kuliah terkait rata-rata naik dari level 1,7 menjadi level 3 setelah menerapkan metode PBL ini.

References

Dokumen 001. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 2015.

Dokumen Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi. Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 2020.

Dokumen Kurikulum Program Studi D3 Teknik Produksi dan Proses Manufaktur. Politeknik Astra. 2017.

Ilyas, I.P. and T. Semiawan, Production-based Education (PBE): The Future Perspective of Education on Manufacturing Excellent. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2012. 52: p. 5-14.

Ananto, G., A.B. Setiawan, and M.Z. Darman, MSWT-01, an alternative in combining Production Based Education (PBE) and student CSR program in Polman. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2014. 58.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277.

Lin, K.-Y., Wu, Y.-T., Hsu, Y.-T., & Williams, P. J. (2021). Effects of infusing the engineering design process into STEM project-based learning to develop preservice technology teachers’ engineering design thinking. International Journal of STEM Education, 8(1), 1–15.

Mann, L., Chang, R., Chandrasekaran, S., Coddington, A., Daniel, S., Cook, E., Crossin, E., Cosson, B., Turner, J., & Mazzurco, A. (2021). From problem-based learning to practice-based education: A framework for shaping future engineers. European Journal of Engineering Education, 46(1), 27–47.

Wurdinger, S., Newell, R., & Kim, E. S. (2020). Measuring life skills, hope, and academic growth at project-based learning schools. Improving Schools, 23(3), 264–276.

Efstratia, D. (2014). Experiential Education through Project Based Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 1256–

https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2014.09.362

Kuruba, M. (2019). The Role Competency Matrix. In Role Competency Matrix (pp. 49– 75). Springer.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Published

2023-11-06

How to Cite

Setiawan, R. ., Sudarmaji, H. ., Wicaksono, D. ., Ego Guarsa, N., Nur Andi W, M. ., & Dewi Audensi, F. . (2023). PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA MAHASISWA DALAM MEMBUAT PRODUK DI PRODI TEKNIK PRODUKSI DAN PROSES MANUFAKTUR - POLITEKNIK ASTRA: Indonesia. Technologic, 13(1). https://doi.org/10.52453/t.v13i1.392