RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN SPAREPART DIES MENGGUNAKAN QR CODE DENGAN METODE DESIGN THINKING PADA PT XYZ

Authors

  • Rohmat Setiawan Politeknik Astra

DOI:

https://doi.org/10.52453/t.v14i2.377

Keywords:

Reorder Point (ROP), Economic Quantity Order (EOQ), Appsheet, Persediaan Barang (Inventory), QR Code

Abstract

Perkembangan pesat dalam teknologi telah membawa kemudahan dan percepatan dalam menyelesaikan tugas manusia. Teknologi menjadi alat bantu yang signifikan dalam aktivitas manusia, memungkinkan pengolahan informasi yang akurat dan tepat guna. Pengolahan data dan informasi dengan efisiensi menjadi esensial bagi produktivitas perusahaan atau instansi. Persediaan barang (inventory) memiliki peranan sentral dalam berbagai konteks, termasuk aktivitas manusia, perusahaan, kantor, dan usaha. PT XYZ, sebuah perusahaan manufaktur otomotif dengan penjualan sepeda motor tertinggi di Indonesia, memiliki beragam divisi, termasuk Dies mold maintenance yang bertanggung jawab atas perawatan dies dan mold untuk menjaga kualitas produk. Namun, proses pengelolaan persediaan sparepart saat ini masih manual dan berujung pada kekosongan stok yang dapat menyebabkan downtime dalam produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan sistem informasi persediaan dengan menggunakan QR code untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan implementasi ini, penggunaan metode Reorder Point (ROP) dan Economic Order Quantity (EOQ) membantu mengoptimalkan stok persediaan. Aplikasi QR code dengan AppSheet mempercepat proses pengambilan dan peng-input-an sparepart, mengurangi waktu yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan efisiensi dalam proses pengambilan dan peng-input-an sparepart serta penerapan metode ROP dan EOQ dalam mengatur stok persediaan.

References

H. S. Wijaya and S. D. Saputra, “Rancang Bangun Sistem Pencatatan Inventory Barang Berbasis Web Dengan QR Code Pada Toko Sepatu 73,” J. Manajamen Inform. Jayakarta, vol. 2, no. 3, pp. 266–276, 2022.

E. Astuti and W. Rahmansyah, “Perancangan Sistem Movement Inventory Produk Beku berbasis Web,” REMIK Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 5, no. 2, pp. 247–256, 2021.

S. V. Anwar and M. B. Legowo, “Penerapan Metode Economic Order Quantity Pada Rancangan Aplikasi Inventory Control System,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 768–774, 2018.

H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021.

Published

2023-12-22

How to Cite

Setiawan, R. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN SPAREPART DIES MENGGUNAKAN QR CODE DENGAN METODE DESIGN THINKING PADA PT XYZ . Technologic, 14(2). https://doi.org/10.52453/t.v14i2.377

Issue

Section

Table of Contents