PENGENDALIAN KUALITAS HASIL PRAKTIKUM SAND CASTING DENGAN PENDEKATAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) MENGGUNAKAN PETA KENDALI VARIABEL

Authors

  • Rifdah Zahabiyah Politeknik Astra

DOI:

https://doi.org/10.52453/t.v14i2.374

Keywords:

sand casting, peta kendali, statistical quality control (SQC).

Abstract

Abstrak-- Sand Casting merupakan salah satu mata kuliah praktek yang terdapat dalam program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur. Saat ini, produk yang dihasilkan melalui metode sand casting mengalami berbagai permasalahan terkait kualitasnya. Kualitas produk yang dihasilkan bervariasi dengan tiga kategori, antara lain produk berkualitas tinggi, rendah dan tidak memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengendalian kualitas menggunakan pendekatan peta kendali variabel. Analisis Statistical Quality Control (SQC) dilakukan melalui penggunaan berbagai alat statistik, seperti lembar periksa, peta kendali X dan S, serta diagram sebab dan akibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji keseragaman data, nilai BKA dan BKB adalah 7.13 dan 5.25, dengan hasil rata-rata dari 25 sampel produk sand casting berada dalam kendali. Selain itu, uji kecukupan data juga menunjukkan bahwa data yang digunakan sudah cukup, sehingga tidak perlu dilakukan pengambilan data ulang. Dalam hasil evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan diagram sebab akibat, dapat ditemukan faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan kualitas, yang meliputi bahan baku, faktor manusia, lingkungan kerja, mesin, dan metode kerja.

References

Ayup Tri Andika, “Article Review: Analisis Jenis-Jenis Teknik Pengecoran Logam Berdasarkan Jenis Cetakannya,” ENOTEK J. Energi dan Inov. Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 17–20, 2022, doi: 10.30606/enotek.v1i2.1272.

R. Ratnadi and E. Suprianto, “Pengendalian Kualitas Produksi Menggunakan Alat Bantu Statistik (Seven Tools) Dalam Upaya Menekan Tingkat Kerusakan Produk,” J. Indept, vol. 6, no. 2, p. 11, 2016, [Online]. Available: Alat ini digunakan untuk menganalisa proses menurut berjalannya waktu (time-based) atau urutan (order-based). Tujuan dari diagram ini adalah untuk memastikan bahwa suatu proses dalam kendali dan memonitor variasi proses secara terus menerus.

R. A. Scouse, Introduction To Statistical Quality Control., vol. 10, no. 1. 1985. doi: 10.2307/2988304.

M. W. Wardhana, Sulastri, and E. A. Kurniawan, “Analisis Peta Kendali Variabel Pada Pengolahan Produk Minyak Sawit dengan Pendekatan Statistical Quality Control (SQC),” J. Rekayasa, Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 27–34, 2018.

Published

2023-12-22

How to Cite

Zahabiyah, R. (2023). PENGENDALIAN KUALITAS HASIL PRAKTIKUM SAND CASTING DENGAN PENDEKATAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) MENGGUNAKAN PETA KENDALI VARIABEL. Technologic, 14(2). https://doi.org/10.52453/t.v14i2.374

Issue

Section

Table of Contents