PURWARUPA SIMULATOR THROTTLE BY WIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ENGINE MANAGEMENT SYSTEM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.52453/t.v14i2.366

Keywords:

throttle by wire, engine management system, students, automotive engineering

Abstract

Engine management system saat ini semakin kompleks, dan pemahaman yang baik tentang teknologi ini penting bagi para mahasiswa Program Studi Mesin Otomotif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 8 langkah perbaikan. Penelitian ini melibatkan partisipasi dari mahasiswa Program Studi Mesin Otomotif sebagai subjek dalam penerapan simulator throttle by wire sebagai media pembelajaran engine management system. Data yang terkumpul meliputi hasil pre-test dan post-test, serta tanggapan dari mahasiswa terhadap penggunaan simulator throttle by wire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simulator throttle by wire efektif dalam memudahkan mahasiswa dalam memahami throttle by wure. Dengan menggunakan simulator throttle by wire, mahasiswa dapat secara langsung berinteraksi dengan komponen dan proses yang terlibat dalam sistem. Selain itu, tanggapan dari mahasiswa terhadap penggunaan simulator throttle by wire secara keseluruhan sangat positif. Mereka menganggap simulator ini sebagai alat pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan membantu mereka untuk lebih memahami konsep-konsep dasar dalam engine management system. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan simulator throttle by wire efektif dalam memudahkan mahasiswa dalam memahami prinsip dasar tentang engine management system. Dengan memudahnya pemahaman mahasiswa maka pembuatan simulator dapat diterapkan untuk mempermudah dalam penyampaian materi pembelajaran yang lainnya.

References

J. Lahti, “Engine Management Systems,” Encycl. Automot. Eng., pp. 1–17, 2014, doi: 10.1002/9781118354179.auto068.

D. Adi Wijaya, “Pengaruh Sudut Pedal Gas Terhadap Bukaan Throttle Simulator Throttle-By-Wire,” Politek. Negeri Malang, vol. 3, no. October, pp. 2476–9983, 2017.

L. Teori, “Rancang Bangun Sistem Otomasi Rumah Menggunakan Bluetooth Dan Sms Pada Mobile Device,” Snasti 2009, pp. 303–309, 2009.

“A_10_M_Rahman_Firmansyah_18074055_111_2021.pdf.”

C. W. Assah, J. O. Wuwung, and S. R. U. A. Sompie, “Pengukuran Kinerja Mobil Terhadap Penggunaan Piggyback Pada Electronic Control Unit,” J. Ilm. Tek. Elektro, 2020.

H. R. Fajrin, U. Zakiyyah, and K. Supriyadi, “Alat Pengukur Ph Berbasis Arduino,” Med. Tek. J. Tek. Elektromedik Indones., vol. 1, no. 2, 2020, doi: 10.18196/mt.010207.

R. Ridarmin, F. Fauzansyah, E. Elisawati, and E. Prasetyo, “Prototype Robot Line Follower Arduino Uno Menggunakan 4 Sensor Tcrt5000,” I N F O R M a T I K a, vol. 11, no. 2, p. 17, 2019, doi: 10.36723/juri.v11i2.183.

Published

2023-12-22

How to Cite

Nugraha, A. A., Aditya Endratma, Ajib Rosadi, & Yohanes C. Sutama. (2023). PURWARUPA SIMULATOR THROTTLE BY WIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ENGINE MANAGEMENT SYSTEM. Technologic, 14(2). https://doi.org/10.52453/t.v14i2.366

Issue

Section

Table of Contents