OPTIMASI PEKERJAAN PATCHING MENGGUNAKAN ASPHALT PRE-CAST PADA JALAN TOL CIKOPO - PALIMANAN

Authors

  • Andry Wisnu Prabowo Politeknik Astra

DOI:

https://doi.org/10.52453/t.v14i2.358

Keywords:

kerusakan jalan, asphalt precast, patching

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana yang sangat menunjang bagi pergerakan aktivitas masyarakat, apabila terjadi kerusakan jalan dapat berdampak pada kondisi sosial dan ekonomi terutama pada sarana transportasi darat. Penyebab kerusakan jalan banyak di akibatkan oleh beban kendaraan yang melintas melebihi dari beban kendaraan yang direncanakan, dan jumlah volume kendaraan yang terus meningkat melebihi kapasitas jalan.

Penggunaan material asphalt precast merupakan hal baru dalam metode penambalan lubang pada jalan tol Cikopo-Palimanan, sehingga perlu adanya studi perbandingan terkait material baru berupa asphalt precast dan material lama berupa asphalt coldmix.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimasi penggunaan asphalt precast pada pekerjaan patching jalan tol Cikopo - Palimanan.

References

Ahmad Gama Feriko, 2020, Analisis Kerusakan Jalan Di Ruas Simpang Bereng Bengkel Tumbang Nusa, Lampung.

Choudary, R., dkk. (2012). “Use of Cold Mixes for Rural Road Construction.”

International Journal of Computer Applications.

Fajar Tri Handayani, 2016, Analisis Pengendalian Biaya Proyek Pada Kontraktor Sedang (Grade 4 Dan 5) Di Yogyakarta, Yogyakarta.

Fang, X. (2016). A Fundamental Research On Cold Mix Asphalt Modified With Cementitious Materials.

Agung, Wahyu. 2010. Panduan SPSS 17.0 untuk Mengolah Penelitian Kuantitatif. Jogjakarta : Garailmu.

I Nyoman Arya Thanaya, 2019, Perbandingan Karakteristik Campuran Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) yang Dipadatkan Secara Dingin dan Panas, Bali.

Lampiran Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 28/PRT/M/2016.

Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil Bagian III. Sainz, M. (2016). Pothole Patching: A Review on Materials and Methods. Peoria: Bradley University.

Septian Dwi Pranata, 2019, Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Pada Pembangunan Rumah Tinggal Berdasarkan Koefisien Sni 2008 Dan Hspk 2012 Dengan Kondisi Real Di Lapangan, Surabaya.

Susanto, Fony K., 2018. Usulan Sistem Pengendalian Biaya Proyek, Tesis, Universitas Kristen Petra.

Wilson, T.P., dan Romine, A.R. (1994). Materials and Procedures for Repair of Potholes in Asphalt Surfaced Pavements: Manual of Practice Strategic Highway Research Program National Research Virginia.

Published

2023-12-22

How to Cite

Prabowo, A. W. (2023). OPTIMASI PEKERJAAN PATCHING MENGGUNAKAN ASPHALT PRE-CAST PADA JALAN TOL CIKOPO - PALIMANAN. Technologic, 14(2). https://doi.org/10.52453/t.v14i2.358

Issue

Section

Table of Contents