EFEKTIVITAS PEMBUATAN 3D MODEL MENGGUNAKAN VISUAL SCRIPT (STUDI KASUS: PROYEK JORR ELEVATED RUAS CIKUNIR – ULUJAMI, JAKARTA)

Authors

  • Dica Rosmyanto Politeknik Astra

DOI:

https://doi.org/10.52453/t.v14i2.355

Keywords:

Building Information Modeling, BIM, 3D Model, Visual Script

Abstract

Abstrak—Setiap proyek memiliki keunikan dan kesulitan masing – masing, salah satunya adalah perubahan desain yang mengharuskan penyesuaian dengan kondisi aktual dilapangan dan juga penyesuaian dari hasil analisis engineer. Hal ini memerlukan metode yang tepat pada tahap desain sampai Konstruksi sehingga biaya proyek tidak mengalami over budget nantinya. Building Information Modeling (BIM) satu atau beberapa model virtual gedung dibuat secara digital mendukung seluruh fase desain, memungkinkan analisis dan kontrol yang lebih baik dari proses manual secara cepat dan efisien. (Eastman, et al, 2011). Pembuatan 3D model tahapan pertama dalam proses BIM, digunakan sebagai bank data yang akan menyimpan seluruh data yang diperlukan pada proses life cycle suatu bangunan, sehingga pembuatan 3D model sangatlah penting dan diperlukan metode yang tepat sehingga mempercepat permodelan pada pembuatan dan perubahan desain. Metode yang akan penulis gunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental, observasi, dan analisis data. Pada penelitian ini, penulis melakukan pembuatan 3D model dengan penggabungan bahasa pemrograman dengan parametric model menggunakan Visual Script, untuk mempercepat pemodelan dengan cara membuat sebuah logic algoritma pemrograman pada software  permodelan 3D menggunakan function – function atau node yang sudah disediakan untuk digunakan pada Visual Script.

Kata kunci : Building Information Modeling, BIM, 3D Model, Visual Script

References

.Eastman, Charles M., et al. BIM handbook: A guide to Building Information Modeling for owners, managers, designers, engineers and contractors. John Wiley & Sons, 2011.

. CRC Construction Innovation. Adopting BIM for Facilities Management: Solutions for Managing the Sydney Opera House, Cooperative Research Center for Construction Innovation, Brisbane, Australia, 2007.

. CHI, Hung-Lin; WANG, Xiangyu; JIAO, Yi. BIM-enabled structural design: impacts and future developments in structural modelling, analysis and optimisation processes. Archives of computational methods in engineering, 2015.

. Autodesk. Dynamo Visual Programming for Design. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiBhOPm0aD4AhWf7zgGHc4_ATgQFnoECBUQAQ&url=https%3A%2F%2Fhelp.autodesk.com%2Fsfdcarticles%2Fattachments%2FDynamo_Visual_Programming_for_Design.pdf&usg=AOvVaw2ZVslonAtfR_nGfxHLAD2v. Diakses 09 Juni 2022.

Published

2023-12-22

How to Cite

Rosmyanto, D. (2023). EFEKTIVITAS PEMBUATAN 3D MODEL MENGGUNAKAN VISUAL SCRIPT (STUDI KASUS: PROYEK JORR ELEVATED RUAS CIKUNIR – ULUJAMI, JAKARTA). Technologic, 14(2). https://doi.org/10.52453/t.v14i2.355

Issue

Section

Table of Contents