MEMPERCEPAT PROSES DAN MENINGKATKAN SAFETY PEMASANGAN RODA DENGAN SST LITTLE HELPER DI BENGKEL AUTO 2000 XXX
Keywords:
LEad Time, Safety, Pemasangan roda, SSTAbstract
Proses perawatan kendaraan servis berkala ekternal (SBE) di bengkel Auto 2000 XXX yang
merupakan bengkel yang memiliki customer yang cukup banyak, seharusnya sudah dilakukan sesuai dengan
standard operation procedure (SOP), kecuali khususnya yang berkaitan dengan mengangkat beban berat
seperti roda. Masalah yang terjadi dalam proses pemasangan roda adalah karena banyaknya pelanggan
bengkel pengguna roda besar, sehingga teknisi harus memasang roda dengan prosedur tambahan seperti
menaikkan atau menurunkan lift, memantul-mantulkan roda dan lainnya. Hal ini menambah lamanya waktu
dan juga berbahaya bagi teknisi karena beratnya roda yang melebihi standar (> 20 kg). Untuk mengatasi
masalah tersebut dilakukan penelitian dengan membuat Special Service Tool (SST) untuk mempercepat proses
pemasangannya. Fokus dari perbaikan adalah mempercepat proses pemasangan roda menggunakan SST
Little Helper. Efisiensi waktu meningkat sebesar 41%. Tingkat keamanan proses pemasangan roda meningkat
dari sebelumnya 24% menjadi 80%. Tingkat kemudahan juga meningkat dari sebelumnya 62% menjadi 66%.
References
Berita Gaikindo. (2020). Sekilas Catatan
Perjalanan Industri Otomotif Indonesia. Diakses
September 2020, dari www.gaikindo.or.id.
Berita Safety and Health Topics, Ergonomics.
Diakses 9 September 2020, dari www.osha.gov.id
Retrieved 28 March 2019.
Permana, Tatang (2014), Konsep Bengkel
Otomotif, file.upi.edu.teknik mesin. BENGKEL
OTOMOTIF.
Kato, Isao. (2011). Toyota Kaizen Methods.
Yogyakarta: Gradien Mediatama.
Setia Abikusna, Rafli Ramdhani. (2020).
Mempercepat Lead Time Proses Penggantian VBelt Mesin NR Toyota dengan SST di Bengkel
Auto 2000 XXX. Jurnal Technologic Polman
Astra. Volume 11 No. 1.
Setia Abikusna, Soppi. (2014). Mengurangi
Waktu Penggantian Schock Absorber Belakang
Toyota Avanza 1.3 dengan Alat AVZ 011 di Auto
Cabang Saharjo. Jurnal Technologic
Polman Astra. Volume 5 No. 1.
Technical Service Division. (2012). Buku
Warranty dan Service Berkala. Jakarta: PT.
Toyota Astra Motor