MENINGKATKAN ACHIEVEMENT RATE PENCARIAN PARTBOOK DENGAN METODE 8 STEPS DI PART & SERVICE DIVISION PT UNITED TRACTORS PANDU ENGINEERING
Keywords:
8 Steps, Achiecvement Rate, PartbookAbstract
PT United Tractor Pandu Engineering atau yang dikenal dengan brand PATRiA merupakan perusahaan manufaktur dan pemasaran alat berat yang diperuntukkan bagi sektor Industri, Mining, Forestry and Argo, Construction, Oil & Gas. Part and Service Division merupakan salah satu divisi di UTPE yang menangani layanan purna jual seperti perawatan unit dan penjualan suku cadang orisinil. PSD terbagi menjadi tiga departemen, yaitu Sales, Marketing, dan Customer Service. Salah satu masalah yang terdapat di Departemen Marketing adalah rendahnya achievement rate request pencarian partbook. Hal ini dapat terjadi karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencari partbook kondisi pencarian part book masih manual dan belum ada standarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan achievement rate request pencarian partbook di Part & Service Division. Adapun improvement yang dilakukan untuk meningkatkan achievement rate request partbook adalah dengan membuat folder partbook di server, membuat standar filling partbook, dan membuat partbook station digital. Data awal di ambil di periode Desember 2019 - Februari 2020. Penelitian dilakukan di Part & Service Marketing Departemen. Periode penelitian dilakukan selama enam bulan yaitu Januari - Juni 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 Steps. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan metode 8 Steps diketahui bahwa achievement rate request partbook di Part & Service Division dapat meningkat dari 44% menjadi 91%.
References
PATRIA. Handout PDCA - 8 Steps. Bekasi, Jawa
Barat, Indonesia. Retrieved February 20, 2020,
from GENERAL KNOWLEDGE:
Sentral Sistem. (2016, November 27). 8 Langkah
Mudah Melakukan Continuous Improvement.
Retrieved February 12, 2020, from Managemen
Mutu: http://sentralsistem.com/news/detail/8-
langkah-mudah-melakukan-continuousimprovement
Sokovic, M., Pavletic, D., & Pipan, K. K. (2010,
November). Quality Improvement Methodologies
- PDCA Cycle, RADAR Matric, DMAIC and
DFSS. Journal of Achievement in Materials and
Manufacturing Engineering. Retrieved February
, 2020
Mel, P., & Grance, T. (2011, September). The
NISN Definition of Cloud Computing. 800-154.
Retrieved February 21, 2020, from
http://faculty.winthrop.edu/domanm/csci411/Han
douts/NIST.pdf
Gusnanto, F. (2019, February 11). Pengertian
Gmail, Manfaat Gmail, dan langkah - langkah
membuat Gmail. Retrieved March 3, 2020, from
Fergoesnant's Blog:
https://fergoesnant.blogspot.com/2019/02/penger
tian-gmail-manfaat-gmail-dan_11.htm