PERANCANGAN HUKUM KENDALI TERBANG LINEAR PESAWAT LSA PADA MATRA LONGITUDINAL

Authors

  • Prasetyo Ardi Probo Suseno
  • Ardian Rizaldi
  • Try Kusuma Wardana
  • Novita Atmasari
  • Yusuf Giri Wijaya
  • Fuad Surastyo Pranoto

Keywords:

Kendali, Longitudinal, Linear, Pole Placement, Root Locus

Abstract

LAPAN Surveillance Aircraft adalah salah satu elemen dari Maritime Surveillance
System yang merupakan salah satu dari Program Utama LAPAN sejak tahun 2012 hingga
sekarang. Pesawat ini memiliki konfigurasi high wing dengan dua tempat duduk, serta berstruktur
komposit dan bermesin tunggal yang dipasang di tengah badan pesawat. Awalnya, program ini
merupakan program Pustekbang dengan misi untuk menguasai teknologi pesawat terbang bertipe
pesawat terbang ringan. Seiring dengan pengembangan program dan kebutuhan nasional akan sistem
pemantauan yang efektif dan efisien, maka pengembangannya diarahkan pada perluasan jangkauan
operasi. Makalah ini memberikan desain konfigurasi dan arsitektur sistem kendali
terbang untuk LSA. Sistem kendali dirancang pada 3 kondisi trim point dengan memvariasikan kecepatan
pesawat. Frekuensi dan rasio redaman pada tiap trim point diset pada angka tertentu untuk
menghasilkan gain kendali dengan teknik pole placement. Hasil simulasi menunjukkan bahwa
sistem kendali yang dirancang memenuhi tujuan dan persyaratan desain serta memiliki kinerja yang cukup
baik.

References

S. Bahri. (2018) “Longitudinal flight control

laws for high aspect ratio light utility aircraft,” J.

Phys. Conf. Ser., vol. 1130, no. 1, doi:

1088/1742-6596/1130/1/012026.

P. A. P. Suseno and S. Bahri. (2020)

“Experimental flight control function for

electronic flight control system of high aspect

ratio light utility aircraft,” Proc. 3RD Int. Semin.

Metall. Mater. Explor. New Innov. Metall.

Mater., vol. 2232, no. April, p. 020012, doi:

1063/5.0002315.

Z. Bokor, J., Gaspar, P., & Szabo. (2014)

“Modern Control Engineering.” Budapest

University of Technology and Economics,

Budapest..

R. Szabolcsi. (2014) “Longitudinal Motion

Flying Qualities Applied in Airworthiness

Certification Procedure.” Land Forces Academy

Review.

R. Szabolcsi. (2011) “Computer Aided Design of

Modern Control Systems.” Budapest: Miklos

Zrinyi National Defense University, Budapest.

R. Szabolcsi. (2016) “Automatic Flight Control

of the UAV.” Budapest: Obuda University,

Budapest.

E. D. Sontag. (2015) Mathematical Control

Theory : Deterministic Finite-Dimensional

Systems, no. January.

A. Franklin, G.F, Powell, J.D., & Emami-Naeini.

(1994) “Feedback Control of Dynamic Systems,”

Reading: Addison-Wesley Publishing Company.

B. Friedland, (1986) Control System Design.

New York: London: McGraw-Hill.

D. McLean. (1990) Automatic Flight Control

Systems. Singapore-Hall International Ltd.

A. Golten, J., & Verwer. (1991) Control System

Design and Simulation. New York: McGrawHill Book Company.

K. Ogata. (1999) Modern Control Engineering.

New York: London: Prentice-Hall.

R. E. Skelton. (1988) Dynamic Systems Control.

New York: John Wiley & Sons.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Prasetyo Ardi Probo Suseno, Ardian Rizaldi, Try Kusuma Wardana, Novita Atmasari, Yusuf Giri Wijaya, & Fuad Surastyo Pranoto. (2022). PERANCANGAN HUKUM KENDALI TERBANG LINEAR PESAWAT LSA PADA MATRA LONGITUDINAL. Technologic, 11(2). Retrieved from https://technologic.polytechnic.astra.ac.id/index.php/firstjournal/article/view/293