PERANCANGAN HUKUM KENDALI TERBANG LINEAR PESAWAT LSA PADA MATRA LONGITUDINAL
Keywords:
Kendali, Longitudinal, Linear, Pole Placement, Root LocusAbstract
LAPAN Surveillance Aircraft adalah salah satu elemen dari Maritime Surveillance
System yang merupakan salah satu dari Program Utama LAPAN sejak tahun 2012 hingga
sekarang. Pesawat ini memiliki konfigurasi high wing dengan dua tempat duduk, serta berstruktur
komposit dan bermesin tunggal yang dipasang di tengah badan pesawat. Awalnya, program ini
merupakan program Pustekbang dengan misi untuk menguasai teknologi pesawat terbang bertipe
pesawat terbang ringan. Seiring dengan pengembangan program dan kebutuhan nasional akan sistem
pemantauan yang efektif dan efisien, maka pengembangannya diarahkan pada perluasan jangkauan
operasi. Makalah ini memberikan desain konfigurasi dan arsitektur sistem kendali
terbang untuk LSA. Sistem kendali dirancang pada 3 kondisi trim point dengan memvariasikan kecepatan
pesawat. Frekuensi dan rasio redaman pada tiap trim point diset pada angka tertentu untuk
menghasilkan gain kendali dengan teknik pole placement. Hasil simulasi menunjukkan bahwa
sistem kendali yang dirancang memenuhi tujuan dan persyaratan desain serta memiliki kinerja yang cukup
baik.
References
S. Bahri. (2018) “Longitudinal flight control
laws for high aspect ratio light utility aircraft,” J.
Phys. Conf. Ser., vol. 1130, no. 1, doi:
1088/1742-6596/1130/1/012026.
P. A. P. Suseno and S. Bahri. (2020)
“Experimental flight control function for
electronic flight control system of high aspect
ratio light utility aircraft,” Proc. 3RD Int. Semin.
Metall. Mater. Explor. New Innov. Metall.
Mater., vol. 2232, no. April, p. 020012, doi:
1063/5.0002315.
Z. Bokor, J., Gaspar, P., & Szabo. (2014)
“Modern Control Engineering.” Budapest
University of Technology and Economics,
Budapest..
R. Szabolcsi. (2014) “Longitudinal Motion
Flying Qualities Applied in Airworthiness
Certification Procedure.” Land Forces Academy
Review.
R. Szabolcsi. (2011) “Computer Aided Design of
Modern Control Systems.” Budapest: Miklos
Zrinyi National Defense University, Budapest.
R. Szabolcsi. (2016) “Automatic Flight Control
of the UAV.” Budapest: Obuda University,
Budapest.
E. D. Sontag. (2015) Mathematical Control
Theory : Deterministic Finite-Dimensional
Systems, no. January.
A. Franklin, G.F, Powell, J.D., & Emami-Naeini.
(1994) “Feedback Control of Dynamic Systems,”
Reading: Addison-Wesley Publishing Company.
B. Friedland, (1986) Control System Design.
New York: London: McGraw-Hill.
D. McLean. (1990) Automatic Flight Control
Systems. Singapore-Hall International Ltd.
A. Golten, J., & Verwer. (1991) Control System
Design and Simulation. New York: McGrawHill Book Company.
K. Ogata. (1999) Modern Control Engineering.
New York: London: Prentice-Hall.
R. E. Skelton. (1988) Dynamic Systems Control.
New York: John Wiley & Sons.