MENINGKATKAN EFISIENSI LINE PAINTING PROPELLER SHAFT KATEGORI 2 DAN 3 DENGAN METODE LINE BALANCING DI PT INTI GANDA PERDANA
Keywords:
Improvement, MUDA, Line Balancing, EfisiensiAbstract
PT Inti Ganda Perdana (IGP) adalah perusahaan industri manufaktur yang bergerak dalam bidang pembuatan komponen otomotif, khususnya pembuatan komponen underbody, yaitu rear axle, propeller shaft, housing, dan transmisi. Perusahaan memiliki KPI (Key Performance Indikator) di tahun 2019 ini salah satunya untuk melakukan efficiency up di line propeller shaft assy kategori 2 & 3. Line painting propeller shaft memiliki 6 man power dengan rata-rata per hari menghasilkan 385 unit, namun masih terdapat MUDA secara proses pada line painting propeller shaft kategori 2 dan 3. Untuk mengurangi MUDA proses tersebut, perlu dilakukan improvement berupa peningkatan efisiensi melalui peningkatan jumlah unit/jam oleh setiap man power. Diharapkan dari improvement tersebut, dapat memenuhi target efisiensi line painting yang ditentukan sebesar 15% dari sebelumnya hanya 62,96% dan meningkatnya jumlah unit/jam dengan jumlah output yang sama.
References
Toshiko Narusawa and Jhon Shook, 2009,
Kaizen Express, “Fundamentals For Your
Journey”
Mohamad, Achad Hasta. 2018. Peningkatan
Produktivitas Dengan Menggunakan Metode
Line Balancing dan Pendekatan Sistem
Produksi Toyota Pada Proses Produksi Fly
Wheel 3 PT Inti Ganda Perdana
Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan dan
Pengendalian Produksi. Bogor: Ghalia
Indonesia
Toyota Motor Corporation. (2006). Toyota
Production System (Kaizen Standarisasi
Kerja). Jakarta: Toyota Motor CorporationHuman Resource Development
Abdillah, Junaidi. 2018. Meningkatkan
Kapasitas Produksi Rear Axle Assy
Menggunakan Metode Penyeimbangan
Beban Kerja Operator di PT Inti Ganda
Perdana